Facebook Instagram YouTube WhatsApp

7 Strategi Menggunakan Petunjuk Konteks Dalam Membaca

7 Strategi Menggunakan Petunjuk Konteks Dalam Membaca
disumbangkan oleh Kathy Glass

Kami sering meminta siswa untuk menggunakan petunjuk konteks untuk mencari tahu arti kata. Itu membuat tugas kita sebagai guru untuk secara formal mengajarkan bagaimana penulis menggunakannya.

Dalam melakukannya, siswa dipersenjatai dengan inventaris cara (seperti membaca pertanyaan tanggapan) untuk mengakses kata-kata yang tidak diketahui untuk membantu mendapatkan makna yang lebih dalam dari teks. Tanpa kesadaran jenis petunjuk konteks, siswa berada pada posisi yang kurang menguntungkan untuk menguraikan makna untuk diri mereka sendiri.

Mengajarkan keterampilan ini mendukung self-agency sehingga siswa dapat mendefinisikan kata-kata asing secara mandiri. Berikut ini adalah perangkat yang penulis gunakan untuk memasukkan petunjuk konteks ke dalam tulisan mereka. Intinya bukan bahwa siswa menghafal setiap jenis petunjuk konteks. Lebih dari itu mereka memahami bahwa penulis memberikan petunjuk dalam segala macam cara untuk membantu pembaca mengetahui apa arti kata-kata sehingga mereka waspada terhadap perangkat ini.

Meskipun daftar berikut tampak lugas, rapi dan rapi, tunjukkan kepada siswa untuk membaca bagian di sekitarnya di mana kata-kata yang tidak dikenal muncul. Ini membantu pembaca menyimpulkan arti kata dan menghargai seluruh bagian tempat kata itu berada.

7 Strategi Menggunakan Petunjuk Konteks Dalam Membaca
1. Bagian Kata
Idenya: Pecah bagian-bagian berbeda dari sebuah kata—kata dasar (kata dasar atau akar kata), awalan, dan akhiran—untuk mencari tahu apa artinya. Beberapa kata hanya memiliki awalan (membaca ulang), akhiran saja (membaca), baik awalan maupun akhiran (prereading), kombinasi (tidak terbaca), atau tidak keduanya (baca).

Diskriminasi
Dis-: tidak, kebalikan dari, membalikkan, menghilangkan; terpisah, jauh
kriminal: putusan, putusan pengadilan; pertimbangan
tion: menunjukkan kata tersebut adalah kata benda

2. Pengertian/penjelasan
Ide: Carilah definisi atau penjelasan di dalam kalimat.

• Diskriminasi atau secara tidak adil menargetkan satu atau lebih kelompok oleh mereka yang menganggap diri mereka superior dapat menyebabkan penderitaan.
• Orang-orang yang rentan seringkali membutuhkan perlindungan di bawah undang-undang tertentu sehingga orang lain tidak dapat memanfaatkannya.

3. Sinonim
Idenya: Kata-kata di sebelah kata yang tidak dikenal dapat menjadi petunjuk bahwa ada sinonim.

• Diskriminasi atau bias dapat menyebabkan penderitaan terhadap kelompok sasaran.
• Ketika orang tahu bahwa mereka rentan atau tidak berdaya, mereka cenderung melindungi diri mereka sendiri untuk menghindari bahaya.

4. Contoh
Ide: Memberikan contoh kata yang tidak diketahui dapat memberi pembaca petunjuk tentang makna.

• Seperti menghindari perokok di restoran dengan membuat mereka memuaskan kebiasaan mereka di luar, diskriminasi menargetkan kelompok yang dianggap tidak diinginkan.
• Orang yang rentan, seperti anak kecil, orang tua, atau orang cacat, mungkin memiliki perlindungan di bawah undang-undang tertentu.

5. Antonim/kontras
Idenya: informasi yang berlawanan tentang kata yang tidak diketahui dapat diimbangi dengan kata-kata dan frasa seperti tidak seperti, sebagai lawan dari, berbeda dari.

• Diskriminasi, sebagai lawan dari keadilan bagi semua orang, dapat memiliki efek merusak pada kelompok sasaran.
• Orang yang rentan, tidak seperti mereka yang dapat membela diri, cenderung menjadi sasaran individu yang tidak etis atau berbahaya.

6. Analogi
Idenya: Perbandingan kata membantu menentukan apa artinya.

• Akibat buruk dari diskriminasi seperti kebencian, sulur-sulur jahat yang mencengkeram hati.
• Orang yang rentan bisa seperti kaca rapuh yang membutuhkan perawatan dan perhatian.

7. Apositif
Idenya: Carilah struktur gramatikal dari apositif yang dapat memberikan definisi, sinonim, atau contoh.

• Diskriminasi, tindakan menunjukkan bias pada satu kelompok, dapat memiliki efek merusak.
• Orang tua dan orang cacat, kelompok individu yang rentan, memiliki undang-undang untuk melindungi mereka dari individu yang tidak etis.

Setelah siswa mengidentifikasi petunjuk konteks, atur kegiatan bagi siswa untuk mempelajari kata tersebut sehingga mereka dapat menggunakannya saat berbicara dan dalam tulisan mereka. Siswa dapat menyelesaikan grafik organizer pada Gambar A secara individu atau berpasangan untuk beberapa kata menggunakan sumber online dan cetak.

Gambar A: Organizer Grafis 4-Persegi

Sumber yang sangat baik adalah vocabulary.com yang menyediakan penjelasan dan contoh kata. Siswa juga dapat menggunakan organizer sebagai permainan dengan menyelesaikan hanya beberapa kuadran dan meminta teman sekelas untuk menggunakan petunjuk konteks pada gambar untuk melengkapi yang lain.

Gambar B memberikan tiga opsi berbeda yang dapat diberikan sebagai tugas di kelas atau pekerjaan rumah. Sesuaikan tugas sehingga siswa menggunakan kata-kata yang secara tegas terkait dengan teks kompleks yang ditargetkan.

Gambar B: Opsi Tugas Menulis Singkat

Contoh
• Tidak dapat ditoleransi/kompromi: Situasi antara anak laki-laki kembar menjadi sangat tidak dapat ditoleransi sehingga orang tua mereka meminta mereka pergi ke kamar tidur mereka sampai mereka dapat mencapai kompromi.
• Sok/waspada: Bankir Mr. Smith waspada terhadap sepatu mewah yang dikenakan kliennya karena dia tahu bahwa rekening banknya tidak dapat mendukung gaya hidup mewah seperti itu.

Menulis Cepat
1. Pilih bingkai kalimat yang paling sesuai dengan setiap kata yang Anda pilih atau buat bingkai Anda sendiri
• membuat saya berpikir tentang saat . . .
• membuat saya berpikir tentang warna ___ karena . . .
• mengingatkan saya pada ___ karena . . .
• digunakan untuk menjelaskan karena . . .
• Jika saya melukis gambar ___, saya akan melukis . . .

2. Buat contoh dan non-contoh dari kata-kata pilihan Anda
Contoh keanekaragaman

• Amerika Serikat adalah rumah bagi orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang.
• Perserikatan Bangsa-Bangsa terdiri dari perwakilan dari seluruh dunia.
• Pujasera di mal mencakup makanan dari berbagai negara.

Bukan contoh keanekaragaman

• Sekolah khusus wanita
• Dewan direksi untuk perusahaan yang seluruhnya terdiri dari satu jenis kelamin atau ras
• Sebelum undang-undang Hak Sipil, sekolah umum di Selatan hanya menerima siswa kulit putih.

Kesimpulan
Penulis tidak selalu memberikan petunjuk konteks di seluruh teks karena mereka mungkin memiliki asumsi bahwa pembaca datang ke teks mengetahui arti kata-kata tertentu. Namun, ketika petunjuk ini hadir, melengkapi siswa dengan alat untuk menggunakannya secara produktif memposisikan mereka dengan baik untuk memajukan pemahaman bacaan mereka.

Diadaptasi dari Teks Kompleks yang Didekodekan: Bagaimana Merancang Pelajaran dan Menggunakan Strategi yang Menargetkan Teks Asli oleh Kathy T. Glass (ASCD, 2015).

Kathy Glass berkonsultasi secara nasional dengan sekolah dan distrik, memberikan presentasi di konferensi, dan mengajar seminar untuk program universitas dan daerah yang memberikan pengembangan profesional yang disesuaikan. Seorang mantan guru master, dia telah berkecimpung di dunia pendidikan selama lebih dari 25 tahun dan bekerja dengan administrator dan guru dalam kelompok dengan berbagai ukuran mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah. Dia adalah penulis Teks Kompleks Didekodekan: Bagaimana Merancang Pelajaran dan Menggunakan Strategi yang Menargetkan Teks Asli. Terhubung dengan Kathy melalui situs webnya, www.kathyglassconsulting.com.

1 thought on “7 Strategi Menggunakan Petunjuk Konteks Dalam Membaca

  1. Duis aliquet posuere libero, ac aliquam enim interdum eu. Integer vitae ipsum tincidunt, scelerisque odio quis, suscipit lorem. Vivamus ut mattis sem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *