Mengapa Anda Harus Mengajukan Lebih Banyak Pertanyaan di Kelas Anda

Facebook Instagram YouTube WhatsApp

Mengapa Anda Harus Mengajukan Lebih Banyak Pertanyaan di Kelas Anda
disumbangkan oleh Irena Nayfeld, Fasilitator Lokakarya Inkuiri PD TeachThought

Kita yang menghabiskan hari-hari kita di sekitar anak-anak kecil mendengarnya sepanjang waktu: “Apa itu?”

“Mengapa kamu melakukan itu?”

“Bagaimana?”

“Mengapa?”

“BagaimanaMengapaKapanApaMengapa?”

Anak-anak sangat ingin tahu – mereka ingin memahami dunia di sekitar mereka, bagaimana semuanya bekerja, dari mana asalnya, dan bagaimana berinteraksi dengannya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mengajukan beberapa pertanyaan selama pengajaran – dan jumlah ini terus menurun di kelas selanjutnya.

Mengapa pertanyaan sangat penting untuk pembelajaran, dan mengapa kita sebagai pendidik harus memprioritaskan menciptakan lingkungan kelas di mana inkuiri tumbuh subur? Ada banyak cara untuk membuat siswa mengajukan pertanyaan yang lebih baik.

Always-On Inquiry: 5 Manfaat Mengajukan Pertanyaan di Kelas
1. Pertanyaan Mengungkapkan Minat
Kami mengajukan pertanyaan ketika sesuatu yang dikatakan menarik perhatian kami, mengejutkan kami, atau ketika kami mendengar sesuatu yang kami ingin informasi lebih lanjut. Mengajukan hampir semua pertanyaan adalah sinyal jelas yang mengatakan, “Hei! Saya memperhatikan dan saya ingin tahu lebih banyak!”

Mengajukan pertanyaan yang bagus? Itu bahkan lebih terbuka.

2. Pertanyaan Mengungkapkan Kesenjangan dalam—dan Kekuatan—Pemahaman
Sebagai guru, kita tahu bahwa tidak semua yang kita katakan akan dipahami pertama kali. Sebenarnya, itu membuat pekerjaan kita jauh lebih mudah ketika kita ditanya pertanyaan yang dapat memperjelas kesalahpahaman atau menjelaskan sesuatu dengan cara yang lebih baik.

Mengajar siswa untuk mengajukan pertanyaan yang efektif dapat mengungkapkan apa yang tidak dipahami anak itu, memberi kita kesempatan untuk mengisi kekosongan dan kemungkinan meningkatkan pemahaman siswa lain juga.

Pertanyaan besar mengungkapkan pemahaman dan pemahaman keseluruhan tentang signifikansi dengan cara yang tidak bisa dijawab oleh jawaban.

Lihat juga Mengapa Pertanyaan Lebih Penting Daripada Jawaban

3. Pertanyaan Meningkatkan Ingatan
Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda mengajukan pertanyaan pada diri sendiri, Anda cenderung mengingat informasi yang Anda terima. Masuk akal – Anda mungkin bertanya tentang sesuatu yang menarik atau relevan bagi Anda, dan dengan mengajukan pertanyaan, Anda secara pribadi berinvestasi dalam jawabannya.

Mendorong anak-anak untuk mengungkapkan pertanyaan mereka dapat membantu mereka menghasilkan informasi yang menarik minat mereka, dan bahwa mereka lebih mungkin untuk mempertahankannya setelah pelajaran selesai.

4. Pertanyaan Membuat Siswa Tetap Terlibat
Jika kita terbuka untuk pertanyaan anak-anak dan memberikan ruang untuk diskusi, pelajaran dapat dengan cepat menjadi lebih menarik ketika dipandu oleh pertanyaan anak sendiri dan mereka mendapatkan banyak manfaat dari mengajukan pertanyaan.

Sebuah pertanyaan dapat mengambil pelajaran di mana guru melakukan pembicaraan untuk diskusi yang lebih relevan bagi siswa, memunculkan pertanyaan yang mungkin dimiliki orang lain, dan membuat siswa secara pribadi terlibat dalam topik atau kegiatan.

Pertanyaan membutuhkan siswa.

5. Pertanyaan Membangun Landasan Untuk Pengetahuan Baru
Setiap subjek atau topik dimulai dengan informasi dasar yang luas yang membentuk dasar untuk pengetahuan yang lebih mendalam atau spesifik. Pemahaman dasar tentang bagaimana tanaman tumbuh sangat penting untuk diskusi tentang bagaimana tanaman pencuci mulut berbeda dari yang tumbuh di hutan hujan.

Sebuah pertanyaan yang diajukan pada waktu yang tepat akan membangun pengetahuan esensial itu – dan dengan pemahaman itu, pengetahuan yang lebih kompleks dan lebih menarik memiliki akar, dan pembelajaran memiliki kesempatan untuk berkembang.

Sebagai pendidik, terserah pada kita untuk memanfaatkan keingintahuan alami pelajar muda dan bertujuan mendorong pertanyaan di kelas kita sehingga anak-anak menuai manfaat dari mengajukan pertanyaan ini, dan menjadikan inkuiri sebagai kebiasaan pikiran.

1 thought on “Mengapa Anda Harus Mengajukan Lebih Banyak Pertanyaan di Kelas Anda

  1. Duis aliquet posuere libero, ac aliquam enim interdum eu. Integer vitae ipsum tincidunt, scelerisque odio quis, suscipit lorem. Vivamus ut mattis sem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *