Facebook Instagram YouTube WhatsApp

RIHLAH UKHUWAH SISWA TAKHASSUS 02 – 03 APRIL 2021

Pada hari Jumat dan Sabtu, 2-3 April 2021, SMA IT Nurul Ihsan Boarding School Cilacap mengadakan acara rihlah dan utbound guru di Germanggis, Banyumas. Rihlah merupakan istilah dalam bahasa Arab yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti perjalanan. Acara rihlah ukhuwah SMA IT Nurul Ihsan Boarding School Cilacap pada tahun ini bertujuan untuk mempererat ukhuwah islamiyah di antara para siswa SMA IT Nurul Ihsan Boarding School Cilacap. Selain itu, tujuan utama dari acara rihlah ini adalah untuk bertafakur akan kebesaran dan keagungan Allah SWT dengan melihat keindahan ciptaan Allah yang nyata di sekitar kita salah satunya Germanggis, Banyumas.

 

Acara rihlah ini berlangsung dari jumat ba’da dzuhur pukul 13.00 dan berakhir dihari sabtu pukul 15.00 WIB. Kegiatan Rihlah diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh ustadz Anshori Assamlawy, setelah doa bersama pukul 13.30 anggota rilah siap berangkat ke tempat tujuan yaitu Germanggis di Banyumas. Perjalanan ke Germanggis membutuhkan waktu 90 menit. Tempat dibagi menjadi dua, untuk ahwat berada bagian atas camp dan ihkwan berada di bawah tempat camp. Kemudian peserta melakukan rehat sejenak untuk kegiatan ishoma. Pukul 16.00- 17.15 anak dipersiapkan untuk halaqoh dan sholat Magrib berjamaah di pendopo Germanggis. Setelah sholat Magrib dilanjut dengan persiapan sholat Isya dan pengajian. Pengajian tersebut diisi oleh ustadz Oky Priyatna, S.Pd.I selaku kepala sekolah SMA IT Nurul Ihsan Boarding School Cilacap. Pengajian tersebut menyampaikan motivasi kepada peserta untuk memiliki proposal hidup untuk menyiapkan cita-cita dan visi misi hidup masing-masing peserta untuk masa depan. Kegiatan selanjutnya diisi dengan makan malam bersama dengan konsep lesehan untuk mempererat kebersamaan dan setelah itu dilanjut dengan pentas seni masing-masing kelompok peserta menampilkan kreatifitas mereka seperti lawak, menyanyi dan sebagainya bersamaan dengan nyalanya api unggun dan membakar jagung bersama dengan teman kelompok masing-masing. Acara selesai pukul 11.30 malam dan peserta istirahat. 

Kegiatan pada pagi harinya peserta dibangunkan pukul 04.00 untuk persiapan Qiyamul Lail dan Muhasabah dilanjut dengan sholat Magrib berjamaah. Setelah itu istirahat sejenak untuk MCK dan sarapan pagi. Pukul 06.00 dihari sabtu acara rilah dilanjutkan dengan outbond yang dipimpin oleh Tim SAR. Peserta mennelurusi alam dari awal masuk tempat wisata curug cipendok sampai ke telaga pucung dilanjut dengan jalan kaki sampai ke curug cipendok. Setelah sampai dicurug cipendok peserta melakukan games. Peserta melakukan berbagai permainan yang dipimpin oleh Tim SAR, Permainan tersebut melatih kerja sama, keuletan, kesabaran, dan kekompakan dari para anggota peserta. Kemudian dilanjutkan dengan peserta diperbolehkan turun ke area curug cipendok didampingi guru. Pukul 13.00 dilanjutkan dengan ishoma dan persiapan pulang.

Kegiatan pada acara ini sangat menarik dan banyak manfaat yang didapatkan dari rihlah kali ini. Anggota peserta dapat saling mengenal satu sama lain sehingga tidak ada lagi kesenjangan di antara kakak tingkat dan adik tingkat. Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk memperkuat keimanan akan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Diharapkam seluruh peserta rilah semakin solid dan kompak, menjadi pemuda-pemudi islami yang bisa memajukan dan membawa perubahan positif SMA IT Nurul Ihsan Boarding School Cilacap ke arah yang lebih baik melalui rilah ukhuwah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *